Rabu, 31 Oktober 2012

Gowes Listrik Empat Motor Matik


Pagi yang semangat di parkiran e-Walk
Para pegiat sepeda berkumpul lagi. Kali ini ribuan penggowes tumplek blek di area parkir e-Walk Balikpapan Superblock (BSB), pusat perbelanjaan dan entertainment terkemuka di Balikpapan, Kalimantan Timur. Untuk satu tujuan: gowes bareng. Puluhan hadiah pun menanti di garis finish. Ajang inilah yang selalu dinantikan pecinta sepeda pancal.


Walikota mengangkat bendera start
Perhelatan pesepeda ini memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) yang ke-67, berlangsung Minggu 28 Oktober 2012. Gawe kerjabareng dengan Borneo Enterprisindo (EO Kaltim Post Group) ini diikuti ribuan penggowes dari berbagai kota, seperti Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara (PPU), Samboja, dan Bontang. Ada peserta perorangan, keluarga, sampai peserta komunitas yang mejeng dengan jersey masing-masing.

Panitia sebenarnya sudah menyiapkan kostum. Sayangnya jumlahnya terbatas hanya seribu jersey. Yang lebih dulu membeli tiket seharga Rp 50 ribu mendapatkan jersey, sedangkan yang membeli tiket seharga Rp 20 ribu perlembar tak mendapat jatah jersey. Namun bila beruntung tetap saja berhak mendapatkan undian doorprize

Tiket yang dicetak panitia hanya 3 ribu lembar, namun peserta yang ambil bagian diperkirakan jumlahnya lebih dari itu. Mereka hadir sebagai penggembira.

Cuaca pagi itu cukup cerah. Sejak pukul 06.00 Wita ratusan penggowes sudah kumpul memadati lokasi acara. Ada yang datang sendiri, ada yang bersama keluarga, ada juga yang janjian dengan rekan-rekan sekantor. Itu tampak bila memperhatikan beberapa kendaraan pick up yang membawa sejumlah unit sepedanya.  Mereka terkesan kompak dan penuh rasa kekeluargaan.

Potong jalan pun sah-sah saja
Gowes prakarsa PLN Wilayah Kaltim ini dibuka oleh Walikota Balikpapan H Rizal Effendi SE, pukul 06.30 Wita, didampingi Direktur Operasi PLN Indonesia Timur Vickner Sinaga, GM PLN Wilayah Kaltim Nyoman S Astawa, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI/Mlw Letkol Inf Legowo WR Jatmiko, manajemen PLN Wilayah Kaltim, dan Direksi Kaltim Post Grup yang dipimpin CEO Kaltim Post H Ivan Firdaus SE. 
Tanjakan pertama di Jl ARS Muhammad
Fun bike kali ini dibagi dua rute, yaitu rute panjang dan rute pendek. Para penggowes melintasi Jalan Jenderal Sudirman menuju depan kantor PLN Klandasan, depan Taman Bekapai. 
Nah ketika sampai di depan Taman Bekapai, peserta diberi pilihan. Rute panjang atau rute pendek? Untuk rute panjang naik ke Jalan ARS Muhammad mengarah Gunung Pasir. Yang memilih rute pendek, memutar balik kembali ke Jl Jenderal Sudirman kemudian berakhir di e-Walk. Banyak anak-anak dan penggowes wanita yang pilih rute pendek ini. Di depan kantor PLN ini pulalah panitia mengumpulkan kupon doorprize dari para penggowes.

Harus diakui, para peserta rute panjang lebih menguras energi dibanding rute pendek.
Sebab, pesepeda rute panjang ini persis di Jl ARS Muhammad sudah disambut tanjakan. Memang ini belum seberapa, namun sebagian peserta sudah melakukan aksi dorong. 

Slogan PLN di jersey peserta
Rute kemudian belok ke arah kanan di Tugu Pemuda, lantas melintasi medan landai di Jl Kapten Piere Tenden (Perkampungan Pelajar Gunung Pasir). Setelah itu jalan menurun tembus pertigaan Jalan A Yani atau Gunung Sari. Selanjutnya menuju Jl Mayjen Sutoyo. Di Jalan yang lebih dikenal dengan sebutan Gunung Malang ini para penggowes rute panjang lagi-lagi disambut tanjakan. 

Beberapa penggowes kembali menuntun sepedanya. Setelah itu jalannya landai-landai saja, hingga tembus ke pertigaan Markoni, Jl Jenderal Sudirman. 

Sudah dapat ditebak, para peserta yang mengambil rute pendek sampai duluan di garis finish. Namun ada juga penggowes rute panjang yang datangnya bersamaan dengan pesepeda rute pendek. Plus-minus satu jam ribuan penggowes sudah kembali ke garis finish. Kali ini saya lebih tertarik memakai sepeda fixie, agar lebih cepat saja. Begitu berbaur sampai di garis akhir, tak terlihat mana peserta yang rute pendek atau rute panjang. Sama-sama tetap semangat dan ceria.

Mereka yang beruntung dapat motor
Tanpa mengulur-ulur waktu, duet Master of Ceremony (MC) Adel dan Armed yang cuap-cuap di panggung hiburan langsung mencabut undian door prize yang dikumpulkan panitia saat di pertengahan jalan. Panitia menyediakan sejumlah hadiah menarik, di antaranya dua puluh sepeda gunung, mesin cuci, lemari es, televisi, dispenser, rice cooker, dan alat-alat elektronik lainnya. Hadiah utamanya disediakan empat unit sepeda motor untuk empat pemenang.

Siapa yang beruntung membawa pulang motor matik Honda? Mereka adalah Irwan warga Jalan Nuri Blok G4 Gunung Bahagia, Mariyono warga Jalan Patriot Gunung Pipa, Encep Suwandi AM dari BKP kelas I Balikpapan Kantor Karantina Pertanian, dan seorang ibu bernama Atik Siswati warga Jalan Batakan Indah, Manggar. 

Tiup lilin ulang tahun
Di tengah-tengah acara pengundian doorprize, komunitas sepeda PLN juga merayakan hari ulang tahunnya yang pertama. Mereka naik ke atas panggung dan ramai-ramai tiup lilin kue ulang tahun bersama para manajemen PLN, perwakilan Blue Bike Community (BBC), dan beberapa komunitas sepeda lainnya. Selamat ya, semoga gowesnya makin kompak.

Secara keseluruhan acara ‘’gowes listrik’’ ini berlangsung sukses dan meriah. Sampai jumpa di acara funbike lainnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar